Pelatihan Inovatif Pemanfaatan Media Digital bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di SD HAMKA Jember

Authors

Keywords:

Kompetensi Digital, Pemanfaatan Media Digital, Inovasi Pembelajaran, Transformasi Pendidikan, Manajemen Sekolah Dasar

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan SD Muhammadiyah Kaliwates (HAMKA) Jember dalam memanfaatkan media digital guna mendukung pembelajaran dan administrasi sekolah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, ditemukan bahwa kompetensi digital guru dan tendik masih terbatas, terutama dalam penggunaan aplikasi pembelajaran dan sistem administrasi berbasis teknologi. Kegiatan dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu analisis kebutuhan, pelatihan, pendampingan implementasi, serta evaluasi dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran digital menggunakan Canva dan Google Slides, serta keterampilan tendik dalam mengelola administrasi melalui Google Sheets dan sistem absensi daring. Lebih dari 80% peserta menyatakan puas dan siap menerapkan hasil pelatihan dalam pekerjaan mereka. Program ini berhasil membangun budaya kerja yang lebih inovatif, efisien, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi di lingkungan sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisanti, N., & Qolbiyah, A. (2022). Pembelajaran Di Era Digital. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia.

Cahya, U. D., Simarmata, J., Iwan, Suleman, N., Nisa, K., Nasbey, H., Muharlisiani, L. T., Karwanto, Putri, M. D., Chamidah, D., Pagiling, S. L., & Rahmadani, E. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis digital abad 21. In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Dearing, J. W. (2021). Diffusion of Innovations. In The Oxford Handbook of Organizational Change and Innovation. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780198845973.013.23

Fatqurhohman, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru SDN Sumberbulus 01 Kecamatan Ledokombo Jember. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Fatqurhohman, F., & Huda, H. (2025). Implementation of Articulate Storyline Learning Media in Cultivating Students’ Character in The Digital Era. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 11–22. https://doi.org/10.24252/auladuna.v12i1a2.2025

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Fitriyani, F., & Teguh Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1). https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360

Hartono, M. R. (2022). Inovasi Pendidikan Memiliki Peran Penting Terhadap Pembelajaran Digital. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1).

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue 1).

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. JURNAL PENDIDIKAN, 31(1). https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Hunter, N., Brabazon, T., & Quinton, J. (2022). Beyond the STEM Comfort Zone: Activating Disciplinary Literacy to Enable Student Success Through Diversity. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 9(4). https://doi.org/10.23918/ijsses.v9i4p211

Margolis, A. A. (2020). Zone of Proximal Development, Scaffolding and Teaching Practice. Cultural-Historical Psychology, 16(3). https://doi.org/10.17759/chp.2020160303

Mayer, R. (2020). Multimedia Learning. In Multimedia Learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316941355

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1). https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Rusman, T., Nurdin, N., Rahmawati, F., & Wulan, M. N. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Literasi dan Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.23960/jpsi/v3i2.109-114

Said, S. (2023). Peran Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2).

Sepling, P., Fatqurhohman, F., Makmur, A., Albar, M., Milu Susetyo, A., Wahyu Setiya Putra, Y., Rajiman, W., Djamilah, S., & Yuniarti Suhendi, H. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA. https://toharmedia.co.id

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1).

Suhariyanto, D. (2023). Pelatihan Pengelolaan SDM di Era Digital pada UMKM. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i2.16

Suwarno, M. (2020). Cognitive Load Theory in The Development of Multimedia Mathematics Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education , 2(2).

Wardhana, W. S. (2020). Strategi Pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Secara Mandiri Di Era Literasi Digital, 4.

Warsiyah, W., Madrah, M. Y., Muflihin, A., & Irfan, A. (2022). Urgensi Literasi Digital bagi Pendidik dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelola Pembelajaran. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1). https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10042

Widianto, E. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching, 2(2). https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Yanuarti, R., & Wibowo, M. (2020). Media Pembelajaran Berteknologi Digital. In Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yu, P. (2022). Diffusion of Innovation theory. In Implementation Science: The Key Concepts. https://doi.org/10.4324/9781003109945-16

Published

25-10-2025

Data Availability Statement

Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis

How to Cite

Hardovi, B. H., Utomo, A. P., & Apriliyanto, R. (2025). Pelatihan Inovatif Pemanfaatan Media Digital bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di SD HAMKA Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 83-94. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/jupamu/article/view/32