Perencanaan Kurikulum Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada MGMP SMP di Kabupaten Lumajang
Keywords:
Transformasi Kurikulum, Deep Learning, Pendidikan Jasmani, MGMP, SMPAbstract
Transformasi pendidikan abad ke-21 menekankan pentingnya pembelajaran bermakna yang menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani (penjas), pendekatan deep learning menjadi strategi penting untuk mengembangkan kompetensi fisik sekaligus kognitif dan afektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui workshop MGMP SMP Kabupaten Lumajang pada 18 September 2025 di Aula SMK PGRI 1 Lumajang. Metode kegiatan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan pendekatan partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep deep learning, kemampuan menyusun perangkat pembelajaran berbasis proyek, serta rancangan asesmen autentik. Kegiatan ini merekomendasikan pendampingan berkelanjutan dalam implementasi kurikulum di sekolah
Downloads
References
Aini, N. N., & Heryani, R. D. (2021). Kompetensi Sosial Guru Terhadap Hasil Belajar. Reseacrh and Development Journal of Education, 7(1).
Arini, S. D., & Roesminingsih, E. (2021). Kurikulum Integrasi : Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Anak. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1).
Barkah, A. S., Rotami, R., Nasution, B., Rahmawati, S., & Lasut, Y. I. (2025). Pengembangan Kurikulum Berbasis Deep Learning sebagai Fondasi Pendidikan Adaptif dan Responsif. Jurnal Citizenship Virtues, 5(2), 124–131. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2481
Beane, J. A. (2020). Integrative Curriculum. In Oxford Research Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.1082
Beliyawati, B., Pahrudin, A., & Rahmi, S. (2025). Model, Konsep, Desain, Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(2), 317–325.
Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., Zaenab, S., & Aldya, R. F. (2023). The implementation of projects for strengthening the profile of Pancasila students in the implementation of the independent learning curriculum. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.22219/jcse.v4i1.24679
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2). https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Dewi, I. P., Mursyida, L., Suriani, A., Fikri, R., Sandra, R. P., Mubai, A., & Marta, R. (2025). Improving the Competence of MGMP Informatics Teachers in Preparing Gamification-Based IBT in the Era of Education 5.0. GUYUB: Journal of Community Engagement, 6(1). https://doi.org/10.33650/guyub.v6i2.9906
Fadila, A., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Ngadiman, N., & Festiawan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal, 3(1). https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4350
Fatqurhohman, F. (2025). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar dan Implementasinya (1st ed.). CV. Ihsan Cahaya Pustaka. www.ihsancahayapustaka.id
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).
Hasanah, U., Prastiwi S, R., Arya W, L., & Yulian, D. (2025). International Journal of Educational Technology and Society Implementation of Deep Learning Approach in Indonesian Education. International Journal of Educational Technology and Society, 2(2), 37–41. https://doi.org/10.61132/ijets.v2i2.358
Howson, C. K., & Kingsbury, M. (2023). Curriculum change as transformational learning. Teaching in Higher Education, 28(8). https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1940923
Insani, F. D. (2021). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia. EduChannel Indonesia.
Iqbal, M. (2021). Peran PJOK Dalam Pembentukan Karakter Watak Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(2).
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Nurhuda, A. A., Fitriani, M. G., Fatimah, R., Febriyanti, R., & Ramadhani, S. (2023). Sejarah Perkembangan Kurikulum yang Diterapkan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Jannah, A. R. (2025). Pembentukan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal PendIdIkan Dasar, Menengah & Kejuruan, 2(2), 35–40.
Kamaruddin, I., Torero, M., Centeury, R., Alim, T., Hidayat, S., Ikhlas, A., Syaifudin, R., & Prastawa, S. (2025). Integrasi Pendidikan Jasmani dalam Kurikulum Kampus Hijau: Mendorong Gaya Hidup Aktif dan Berkelanjutan. Jurnal Edu Research, 6(2), 1020–1029.
Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1). https://doi.org/10.30651/st.v13i1.3762
Kilag, O. K., Kilag, O. K. T., Miñoza, J. R., Comighud, E. S., Amontos, C. A., Damos, M. C., & Abendan, C. F. K. (2023). Empowering Teachers: Integrating Technology into Livelihood Education for a Digital Future. Excellencia: International Multi-Disciplinary Journal of Education (2994-9521), 1(1).
Matsuo, Y., LeCun, Y., Sahani, M., Precup, D., Silver, D., Sugiyama, M., Uchibe, E., & Morimoto, J. (2022). Deep learning, reinforcement learning, and world models. Neural Networks, 152. https://doi.org/10.1016/j.neunet.2022.03.037
McPhail, G. (2020). The search for deep learning: a curriculum coherence model. Journal of Curriculum Studies. https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1748231
Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248
Najri. (2020). MGMP Dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1).
Oliveira, R. A. de, & Bollen, M. H. J. (2023). Deep learning for power quality. In Electric Power Systems Research (Vol. 214). https://doi.org/10.1016/j.epsr.2022.108887
Permatasari, A., & Kurniawan, A. (2021). Inovasi Strategi Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9). https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.226
Prihantoro, P., Prayitno, H. J., & Kusumaningtyas, D. A. (2025). Deep Learning: Policies, Concepts, and Implementation in Senior High Schools in Indonesia. Journal of Deep Learning, 1(1), 11. https://journals2.ums.ac.id/index.php/jdl
Purnomo, T. J., & Roesdiyanto, R. (2021). Pembentukan karakter melalui pembelajaran pendidikan jasmani pada atlet pelajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(2).
Ramlan, R., Farizawati, F., & Hasrul, S. (2020). The Effectiveness of Implementation of the MGMP Revitalization Program as a Media Increasing English Teacher Competency in Pidie District. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 3(1), 95–103. www.bircu-journal.com/index.php/birci
Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10). https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234
Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. (2023). Komunitas Belajar sebagai Sarana Belajar dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1). https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28285
Sriklaub, K., & Ruengtrakul, A. (2022). Teachers’ experiences in a professional learning community: Insights on policy delivery and characteristics of the PLC in schools. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(2). https://doi.org/10.34044/j.kjss.2022.43.2.06
Suheri, S., Suja’I, A. Y. I., & Sunaryo, H. (2021). Pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP pada motivasi dan kinerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.41751
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Yhunanda, Y., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Strategi Pembelajaran Guru yang Efektif dalam Perspektif Prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) di Sekolah Dasar : Literature Riview. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4436
Downloads
Published
Data Availability Statement
Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afaf Achmad Syahab, Ahamad Bahriyanto, Hasbi Maulana Ishaq (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.