Sosialisasi Implementasi Literasi dengan Metode Project-Based Learning di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat Jember

Authors

Keywords:

Literasi Siswa, Project-Based Learning, Kompetensi Guru, Pembelajaran Interaktif, SMK

Abstract

Kemampuan literasi membaca dan menulis merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan pendidikan tinggi dan dunia kerja. Namun, siswa di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat Jember masih menghadapi kendala literasi, yang disebabkan oleh metode pengajaran konvensional yang kurang interaktif. Untuk mengatasi permasalahan ini, program pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan menerapkan model Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan literasi siswa dan kompetensi guru. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan, dari 3 Februari hingga 28 Februari 2025, yang mencakup pelatihan guru, penerapan PjBL di kelas, serta monitoring dan evaluasi. Pelatihan diberikan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap PjBL, sementara siswa dilibatkan dalam proyek literasi seperti membaca kritis dan penulisan esai. Evaluasi dilakukan melalui tes dan survei kepuasan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan siswa dalam membaca teks secara mendalam, berpikir kritis, dan menyusun tulisan runtut. Guru juga menunjukkan peningkatan kompetensi dalam merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis proyek secara mandiri. Program ini membuktikan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan literasi dan menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Genc, M. (2015) ‘The Project Based Learning Approach In environmental Education’, International Research in Geographical and Environmental Education, 24(2), pp. 105–117. Available at: https://doi.org/10.1080/10382046.2014.993169.

Gogahu, D.G.S. and Prasetyo, T. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1004–1015. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493.

Hamidah, I. and Citra, S.Y. (2021) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa’, BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), pp. 307–314. Available at: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870.

Kusuma, I.K.N. et al. (2023) ‘Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka’, Journal of Education Action Research, 7(2), pp. 192–200. Available at: https://doi.org/doi.org/10.23887/jear.v7i2.51318.

Mubaroq, S. et al. (2024) ‘Meningkatkat Media dan Manajemen Pembelajaran’, Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(5), pp. 1760–1766. Available at: https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i5.1412.

Rahmadani, P.N., Arthur, R. and Maulana, A. (2023) ‘Integrasi Konsep Literasi Vokasional untuk Mengembangkan Berpikir Kritis pada Siswa SMK: Sebuah Kajian Pustaka’, Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), pp. 817–826. Available at: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.859.

Riduwan, A. (2016) ‘Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi’, EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(2), p. 95. Available at: https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886.

Sinta, M. et al. (2022) ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur’, Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 8(1), pp. 24–28. Available at: https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546.

Sormunen, K., Juuti, K. and Lavonen, J. (2020) ‘Maker-Centered Project-Based Learning in Inclusive Classes: Supporting Students’ Active Participation with Teacher-Directed Reflective Discussions’, International Journal of Science and Mathematics Education, 18(4), pp. 691–712. Available at: https://doi.org/10.1007/s10763-019-09998-9.

Wardani, D.S. et al. (2021) ‘Stem-Integrated Project-Based Learning (Pjbl) Model and Lecture With Experiments Learning Model: What Is the Scientific Literacy Skills of Elementary Teacher Education Students in These Learning Models?’, Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam, 13(1), pp. 55–72. Available at: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.634.

Published

25-10-2025

Data Availability Statement

Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis

How to Cite

Susetyo, A. M., Werdiningsih, I., Susetyo, B. B., & Tyas, I. L. M. (2025). Sosialisasi Implementasi Literasi dengan Metode Project-Based Learning di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 115-126. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/jupamu/article/view/39