Pelatihan Peningkatan Branding dan Promosi Sekolah Melalui Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di SMK Muhammadiyah Kalisat

Authors

Keywords:

Branding, promosi, kecerdasan buatan

Abstract

Dalam era transformasi digital yang pesat, tantangan dalam mempromosikan institusi pendidikan semakin kompleks. SMK Muhammadiyah Kalisat menghadapi permasalahan keterbatasan sumber daya dalam pembuatan konten promosi digital yang menarik. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan branding dan promosi sekolah. Metode yang digunakan mencakup koordinasi awal, pelatihan pembuatan konten berbasis AI menggunakan Canva dan aplikasi pembuatan video berbasis AI, serta pendampingan pengelolaan media sosial sekolah. Pelatihan melibatkan 17 guru dan dilaksanakan pada 3 Februari 2025 di SMK Muhammadiyah Kalisat-Jember. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan digital tim promosi, kualitas konten, dan efektivitas promosi daring. Artikel ini menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi AI untuk memperkuat citra dan daya saing sekolah di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahluwalia, L., Angelica, S., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). Implementasi Artificial Intellegence dan Aplikasi Digital Marketing dalam Optimalisasi Potensi UMKM Desa Hanura, Pesawaran. COMMENT: Journal of Community Empowerment, 3(1). https://doi.org/10.33365/comment.v3i1.292

Belinda, B., & Nofitasari, D. (2024). Peran Artificial Intelligence Dalam Digital Marketing dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen Tahun 2025. Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 2088–1312. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.391

Farrokhnia, M., Banihashem, S. K., Noroozi, O., & Wals, A. (2024). A SWOT analysis of ChatGPT: Implications for educational practice and research. Innovations in Education and Teaching International, 61(3). https://doi.org/10.1080/14703297.2023.2195846

Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908

Hassani, H., Silva, E. S., Unger, S., TajMazinani, M., & Mac Feely, S. (2020). Artificial Intelligence (AI) or Intelligence Augmentation (IA): What Is the Future? AI (Switzerland), 1(2). https://doi.org/10.3390/ai1020008

Khilmiyah, A., & Wiyono, G. (2023). Assessment of Emotional and Social Intelligence Using Artificial Intellegent. Communications in Computer and Information Science, 1836 CCIS. https://doi.org/10.1007/978-3-031-36004-6_61

Laurentinus, L., Okkita Rizan, Sarwindah, S., & Hamidah, H. (2023). Pendampingan Digitalisasi Promosi dalam Meningkatkan PPDB Sekolah PAUD Kabupaten Bangka. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8). https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4529

Mawarni, S., & Anwar, C. R. (2023). Diskusi Publik Artificial Intelligence ( AI ): Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan dan Produktivitas Masyarakat. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Pellas, N. (2023). The influence of sociodemographic factors on students’ attitudes toward AI- generated video content creation. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00276-4

Rifai, M., Chandra Ningsih, R. M., Sitha, R., & Syafril, S. (2025). Bagaimana Strategi Pemasaran Dengan Mengunakan Artificial Inteligen: Suatu Tinjauan Tematik Dan Eksplorasi Praktis. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 231–245. https://doi.org/10.55606/jurima.v5i1.5121

Saidi, S., Suryowati, E., Sholihah, U., & Fatqurhohman, F. (2025). Literature Review on the Role of School Principals in the Society 5.0: Strategies and Future Challenges. RESET: Review of Education, Science, and Technology, 1(1), 55-64.

Sidik, D.P., Rozak, A., Fatqurhohman, F., & Fatkurochman, H. (2025). Literature Review of Artificial Intelligence in Learning: Trends and Opportunities. RESET: Review of Education, Science, and Technology, 1(1), 43-54.

TR, A. T. H. (2025). Optimalisasi Manajemen Sekolah Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Administrasi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1330–1337. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41621

Published

25-10-2025

Data Availability Statement

Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis

How to Cite

Mubaroq, S., Oktarini, W., Indahwiya, N., & Amrullah, M. A. (2025). Pelatihan Peningkatan Branding dan Promosi Sekolah Melalui Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di SMK Muhammadiyah Kalisat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 127-136. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/jupamu/article/view/42