Sosialisasi Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Literasi dan Numerasi Guru Era Digital

Authors

  • Irfa Nur Amalia Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember image/svg+xml Author
  • Rusli Hakiki Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember image/svg+xml Author
  • Sri Murniati Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember image/svg+xml Author

Keywords:

Literasi, Numerasi, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran Digital, Guru Era Digital

Abstract

Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 menuntut guru sekolah dasar menjadi fasilitator yang kreatif, adaptif, dan inovatif dalam pembelajaran. Namun, rendahnya literasi digital guru masih menjadi kendala dalam mengintegrasikan teknologi secara efektif di kelas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan memanfaatkan media pembelajaran digital berbasis kearifan lokal untuk memperkuat literasi dan numerasi di era digital. Program dilaksanakan pada 22–23 Juni 2025 di MI Darus Sholah dengan melibatkan 20 guru sekolah dasar dan menggunakan pendekatan Community Development melalui tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan guru dalam mengembangkan media digital kontekstual, mengintegrasikan nilai budaya lokal, serta menerapkan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Sebanyak 95% peserta menilai pelatihan efektif dan aplikatif, sementara 85% berhasil menghasilkan produk media digital berbasis budaya seperti cerita rakyat, motif batik, dan tradisi daerah. Kegiatan ini juga mendorong terbentuknya komunitas belajar digital berbasis budaya serta inisiatif ekonomi kreatif di lingkungan sekolah. Integrasi teknologi dan kearifan lokal terbukti memperkuat karakter, kreativitas, dan profesionalisme guru dalam mewujudkan pembelajaran berdaya saing di era Society 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksenta, A., Irmawati, Hayati, N., Sepriano, Herlinah, Silalahi, A. T., Pipin, S. J., Abdurrohim, I., Boari, Y., Mardiana, S., Sutoyo, Muh. N., Sumardi, Gani, I. P., & Ginting, T. W. (2023). Literasi Digital: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. Perspektif, 1(2).

Fatqurhohman, F., Fatkurochman, H., Al-Zakiyah Prastzuba, F., & Diniyah, P. H. (2025). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.33061

Fatqurhohman, F., & Huda, H. (2025). Implementation of Articulate Storyline Learning Media in Cultivating Students’ Character in The Digital Era. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 11–22. https://doi.org/10.24252/auladuna.v12i1a2.2025

Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2422

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Penggunaan Kearifan Budaya Lokal Berbasis Etnomatematika sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(4).

Firdaus, A. R., Wardani, D. S., Altaftazani, D. H., Kelana, J. B., & Rahayu, G. D. S. (2020). Mathematics learning in elementary school through engineering design process method with STEM approach. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012044

Fitriyani, F., & Teguh Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1). https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2020). Penggunaan Kearifan Budaya Lokal Berbasis Etnomatematika sebagai Pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5534

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462

Juniyanto, A., & Nur Mahmudah, F. (2022). Penguatan Literasi Numerasi Berbasis Program Pembiasaan di SD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6480

Lismawati, B. R. K., & Trihantoyo, S. (2021). Peningkatan Literasi Digital Dalam Mewujudkan Profesionalisme Kinerja Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01).

Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108

Nopi Krisnawati, Septy Qurrotu Aini Farradhillah, Siti Mariyam, Ismaya Febrianti, Desti Setianingsih, Sofyan Iskandar, Nuur Wachid Abdul Majid, & Neneng Sri Wulan. (2023). Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1). https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098

Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3). https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297

Rusman, T., Nurdin, N., Rahmawati, F., & Wulan, M. N. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Literasi dan Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.23960/jpsi/v3i2.109-114

Saidi, S., Suryowati, E., Sholihah, U., & Fatqurhohman, F. (2025). Literature Review on the Role of School Principals in the Society 5.0: Strategies and Future Challenges. RESET: Review of Education, Science, and Technology, 1(1), 55–64. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/reset

Sidik, D. P., Rozak, A., Fatqurhohman, F., & Fatkurochman, H. (2025). Literature Review of Artificial Intelligence in Learning: Trends and Opportunities. RESET: Review of Education. RESET: Review of Education, Science, and Technology, 1(1), 43–54. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/reset

Suheri, A., Rosmawiah, R., Effrata, E., & Wisman, Y. (2020). Guru Profesional Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2). https://doi.org/10.37304/jikt.v11i2.104

Wiryanto, W., Yermiandhoko, Y., Hendratno, H., Subrata, H., & Primaniarta, M. G. (2023). Identifikasi Kebutuhan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1427

Yohana, R. (2020). Upaya Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Literasi Digital Dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4).

Published

25-10-2025

Data Availability Statement

Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis

How to Cite

Amalia, I. N., Hakiki, R., & Murniati, S. (2025). Sosialisasi Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Literasi dan Numerasi Guru Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 1-12. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/jupamu/article/view/25