Pemberdayaan Guru SMK Muhammadiyah Tegaldlimo dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Era Digital
Keywords:
Pemberdayaan Guru, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Era Digital, SMK Muhammadiyah TegaldlimoAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberdayakan guru SMK Muhammadiyah Tegaldlimo dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di era digital. Guru menghadapi tantangan berupa keterbatasan pemahaman terhadap konsep P5, kesulitan dalam merancang modul berbasis nilai, serta rendahnya keterampilan digital untuk mendukung pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah Tegaldlimo dengan melibatkan 20 guru dari berbagai program keahlian. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan partisipatif melalui pelatihan, pendampingan, dan refleksi kolaboratif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep P5 sebesar 32%, kemampuan dalam merancang modul projek berbasis nilai-nilai Pancasila dan keislaman, serta penguasaan penggunaan media digital seperti Canva, Padlet, dan Google Classroom. Selain itu, terbentuk Teacher Learning Community (TLC) sebagai wadah kolaborasi berkelanjutan antar guru. Kegiatan ini membuktikan bahwa pemberdayaan berbasis partisipasi dan digitalisasi efektif meningkatkan profesionalisme guru serta mendukung pembentukan karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila dan keislaman.
Downloads
References
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084
Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(3).
Azizah, N. P. N., & Amalia, N. (2023). Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2).
Fatqurhohman, F., Fatkurochman, H., Al-Zakiyah Prastzuba, F., & Diniyah, P. H. (2025). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.33061
Fatqurhohman, F., Fatkurochman, H., Imamah AH, N., & Suaedi, H. (2025). Pemanfaatan Bahan Non Produktif Botol Plastik (BANTIF-BOTIK) Sebagai Produk Kerajinan Tangan di SD HAMKA Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(8), 4004–4009.
Fatqurhohman, F., & Huda, H. (2025). Implementation of Articulate Storyline Learning Media in Cultivating Students’ Character in The Digital Era. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 11–22. https://doi.org/10.24252/auladuna.v12i1a2.2025
Hindriana, A. F., Abidin, Z., Arif, A. G., Setiawati, I., & Aziz, A. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila. Empowerment, 6(03). https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i03.8887
Mayasari, A., Sopian, A., Ridwan, W., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.676
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2). https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Permatasari, A., & Kurniawan, A. (2021). Inovasi Strategi Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9). https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.226
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2). https://doi.org/10.63889/pedagogy.v15i2.139
Rahmawati, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82334
Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60
Saidi, S., Suryowati, E., Sholihah, U., & Fatqurhohman, F. (2025). Literature Review on the Role of School Principals in the Society 5.0: Strategies and Future Challenges. RESET: Review of Education, Science, and Technology, 1(1), 55–64. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/reset
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01).
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Wachidah, L. R. (2023). Pemanfaatan Digitalisasi sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11753
Yani, M., Rahmawati, A., & Wijayanti, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.875
Zarro, M. (2020). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam dan Pendidikan. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1). https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21503
Downloads
Published
Data Availability Statement
Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hidayati, Fatqurhohman Fatqurhohman, Muhamad Rusli, Muhamad Hadi Makrus (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.