Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence sebagai Strategi Penguatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa

Authors

  • Fatqurhohman Fatqurhohman Universitas Muhammadiyah Jember image/svg+xml Author
  • Hana Puspita Eka Firdaus Universitas Muhammadiyah Jember image/svg+xml Author
  • Dimas Anditha Cahyo Sujiwo Universitas PGRI Argopuro Jember Author
  • Badrut Tamami Universitas Muhammadiyah Jember image/svg+xml Author

Keywords:

Artificial Intelligence, Aplikasi AI, Penulisan Ilmiah, Integritas Akademik, Etika Akademik

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkuat kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) secara etis, efektif, dan berintegritas. Menggunakan pendekatan partisipatif berbasis pelatihan (training-based participatory approach), kegiatan ini melibatkan 20 mahasiswa semester akhir dari lima program studi: Pendidikan Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, dan Olahraga, yang dilaksanakan di FKIP Universitas Muhammadiyah Jember pada Juni 2025. Mahasiswa dilatih memanfaatkan aplikasi berbasis AI seperti ChatGPT, Deepseek, Grammarly, QuillBot, dan Mendeley untuk mendukung proses penulisan ilmiah. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan menulis ilmiah sebesar 35%, mencakup aspek struktur, koherensi, gaya akademik, dan ketepatan sitasi. Pelatihan ini juga meningkatkan literasi digital, kesadaran etis, serta pemahaman mahasiswa terhadap AI sebagai alat bantu berpikir, bukan pengganti kreativitas manusia. Dampak kegiatan terlihat pada terbentuknya sikap reflektif, kemampuan berpikir kritis, dan budaya akademik yang adaptif terhadap teknologi. Sebagai bentuk keberlanjutan, terbentuk komunitas literasi digital yang menjadi wadah kolaborasi, pertukaran pengetahuan, dan pendampingan lanjutan untuk mendorong produktivitas penulisan ilmiah di era kecerdasan buatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12). https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731

Altmäe, S., Sola-Leyva, A., & Salumets, A. (2023). Artificial intelligence in scientific writing: a friend or a foe? In Reproductive BioMedicine Online (Vol. 47, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.rbmo.2023.04.009

Antony, J. I. P., & Khalid, P. Z. M. (2024). Integrating Artificial Intelligence (AI) in Teaching and Learning. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(2). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i02.14064

Bozkurt, A., Karadeniz, A., Baneres, D., Guerrero-Roldán, A. E., & Rodríguez, M. E. (2021). Artificial intelligence and reflections from educational landscape: A review of AI studies in half a century. Sustainability (Switzerland), 13(2). https://doi.org/10.3390/su13020800

Chen, X., Xie, H., Zou, D., & Hwang, G. J. (2020). Application and theory gaps during the rise of Artificial Intelligence in Education. In Computers and Education: Artificial Intelligence (Vol. 1). https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100002

Dere, O. (2023). Artificial Intelligence Tools in Academic Article Writing: Is it a Tool or a Co-Author? European Journal of Therapeutics, 29(4). https://doi.org/10.58600/eurjther1839

Dimitriadou, E., & Lanitis, A. (2023). A critical evaluation, challenges, and future perspectives of using artificial intelligence and emerging technologies in smart classrooms. In Smart Learning Environments (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00231-3

Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Ismagilova, E., Aarts, G., Coombs, C., Crick, T., Duan, Y., Dwivedi, R., Edwards, J., Eirug, A., Galanos, V., Ilavarasan, P. V., Janssen, M., Jones, P., Kar, A. K., Kizgin, H., Kronemann, B., Lal, B., Lucini, B., … Williams, M. D. (2021). Artificial Intelligence (AI): Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and policy. International Journal of Information Management, 57. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.08.002

Dwivedi, Y. K., Sharma, A., Rana, N. P., Giannakis, M., Goel, P., & Dutot, V. (2023). Evolution of artificial intelligence research in Technological Forecasting and Social Change: Research topics, trends, and future directions. Technological Forecasting and Social Change, 192. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122579

Fadiana, M., Warli, W., Sulistyaningrum, H., & Rahayu, P. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.35309/dharma.v1i2.4355

Fatqurhohman, F., Fatkurochman, H., Al-Zakiyah Prastzuba, F., & Diniyah, P. H. (2025). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.33061

Fatqurhohman, F., & Huda, H. (2025). Implementation of Articulate Storyline Learning Media in Cultivating Students’ Character in The Digital Era. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 11–22. https://doi.org/10.24252/auladuna.v12i1a2.2025

Fatqurhohman, F., Syam, H., Puspitasari, R., Niam, F., & Surur, A. M. (2025). STEM Digital Collaboration to Enhance Critical Thinking Skills of Secondary School Students: A Literature Review. JINEA: Journal of Innovation in Education and Learning, 1(1), 37–50. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/jinea

Gupta, B. P. (2024). Can Artificial Intelligence Only be a Helper Writer for Science? Science Insights, 44(1). https://doi.org/10.15354/si.24.re872

Hafizd, J. Z. (2022). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel Ilmiah melalui Pelatihan Aplikasi Mendeley. Abdimas Galuh, 4(2). https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8003

Huang, J., & Tan, M. (2023). The role of ChatGPT in scientific communication: writing better scientific review articles. American Journal of Cancer Research, 13(4).

Huh, J., Nelson, M. R., & Russell, C. A. (2023). ChatGPT, AI Advertising, and Advertising Research and Education. In Journal of Advertising (Vol. 52, Issue 4). https://doi.org/10.1080/00913367.2023.2227013

Kacena, M. A., Plotkin, L. I., & Fehrenbacher, J. C. (2024). The Use of Artificial Intelligence in Writing Scientific Review Articles. In Current Osteoporosis Reports (Vol. 22, Issue 1). https://doi.org/10.1007/s11914-023-00852-0

Leng, L. (2024). Challenge, integration, and change: ChatGPT and future anatomical education. Medical Education Online, 29(1). https://doi.org/10.1080/10872981.2024.2304973

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Muttaqin, A. R., Wibawa, A., & Nabila, K. (2021). Inovasi Digital untuk Masyarakat yang Lebih Cerdas 5.0: Analisis Tren Teknologi Informasi dan Prospek Masa Depan. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(12). https://doi.org/10.17977/um068v1i122021p880-886

Nazari, N., Shabbir, M. S., & Setiawan, R. (2021). Application of Artificial Intelligence powered digital writing assistant in higher education: randomized controlled trial. Heliyon, 7(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07014

Nugroho, I. S., Hidayati, D. N., Yafi, M. A., & Wahyuningsih, D. D. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, Penggunaan Aplikasi Pencarian Sumber dan Manajemen Referensi pada Mahasiswa. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2675

Rawas, S. (2024). ChatGPT: Empowering lifelong learning in the digital age of higher education. Education and Information Technologies, 29(6). https://doi.org/10.1007/s10639-023-12114-8

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1). https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Sahnir, N., Jamilah, J., & Yatim, H. (2023). Pengenalan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Seni di Era Digitalisasi Pendidikan. SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62, 1. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.811

Sahudra, T. M., Fadlia, F., & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.121

Sepling, P., Fatqurhohman, F., Makmur, A., Albar, M., Milu Susetyo, A., Wahyu Setiya Putra, Y., Rajiman, W., Djamilah, S., & Yuniarti Suhendi, H. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA. https://toharmedia.co.id

Sidik, D. P., Rozak, A., Fatqurhohman, F., & Fatkurochman, H. (2025). Literature Review of Artificial Intelligence in Learning: Trends and Opportunities. RESET: Review of Education. RESET: Review of Education, Science, and Technology, 1(1), 43–54. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/reset

Suherman, A. (2023). Penerapan Teknik Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel (Penelitian Tindakan Kelas). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2566

Susatyono, J. D. (2021). Kecerdasan Buatan: Kajian Konsep dan Penerapan. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Syarifuddin, S. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1). https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21

Tambaip, B., & Rediani, N. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan. International Journal of Community Service Learning, 6(4). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.53273

Ully, M., Baharuddin, Abraham Manuhutu, & Heru Widoyo. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi: Tinjauan Literatur Tentang Aplikasi, Etika, Dan Dampak Sosial. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6.

Yang, S., & Bai, H. (2020). The integration design of artificial intelligence and normal students’ Education. Journal of Physics: Conference Series, 1453(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1453/1/012090

Yani, N. F. (2023). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah Tugas Akhir melalui Learning Direct Systematic. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i2.473

Yuan, K. (2023). ChatGPT’s Technology Application in the Higher Education Sector, Risk Analysis and Pathway Changes. Journal of Education and Educational Research, 3(3). https://doi.org/10.54097/jeer.v3i3.9635

Published

25-10-2025

Data Availability Statement

Seluruh data yang mendukung hasil penelitian ini telah disertakan dalam artikel. Informasi tambahan atau dokumen pendukung terkait kegiatan pengabdian masyarakat dapat diperoleh dari penulis

How to Cite

Fatqurhohman, F., Firdaus, H. P. E., Sujiwo, D. A. C., & Tamami, B. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence sebagai Strategi Penguatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 37-48. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/jupamu/article/view/28