Telaah Konseptual Strategi Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar  

Authors

Keywords:

Konstruktivisme, Seni Rupa, Kreativitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi pembelajaran berbasis konstruktivisme yang efektif untuk mengembangkan kreativitas pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran seni rupa. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara tuntutan pengembangan kompetensi 4C (termasuk kreativitas) di abad ke-21 dengan praktik pembelajaran seni rupa konvensional yang cenderung menghambat eksplorasi siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka untuk membangun kerangka konseptual. Hasil penelitian secara meyakinkan menunjukkan bahwa strategi konstruktivisme, khususnya melalui model Project-Based Learning (PjBL) dan pembelajaran kontekstual, sangat efektif dalam merangsang kreativitas, berpikir kritis, dan mendorong keberanian siswa untuk bereksperimen (creative courage). Simpulan penelitian ini adalah pendekatan konstruktivisme berhasil mentransformasikan pembelajaran menjadi proses aktif yang memberdayakan siswa, meskipun implementasinya menghadapi tantangan seperti keterbatasan kompetensi guru dan fasilitas teknologi. Peningkatan kompetensi guru dan penyediaan fasilitas seni digital menjadi rekomendasi utama untuk mengoptimalkan dampak strategi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carolin, A. R., & Nurharini, A. (2024). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Seni Rupa Kelas IV Sekolah Dasar.

Dalimunthe, P. C. (2025). Penerapan Project Based Learning Pada Materi" Melihat dan Menggunakan Warna dalam Karya Seni” untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II SDN 100590 Air Kanan. Mandalika Journal of Community Services, 2(2), 172-178.

Gusmiarni, R., & Mutamimah, K. (2025). Mengembangkan Kompetensi Seni Budaya Siswa Kelas VI Melalui Pendekatan Project-Based Learning. Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1).

Halisah, F., Huriah, H., Mubarokah, H. T., Fajri, L. J., Prasetio, K., & Rahmadhoan, L. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Seni Rupa dan P5 di SDN 16 Mataram. Progres Pendidikan, 6(3), 283-288.

Harahap, F. (2021). Penggunaan media kolase dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN 117478 Simatahari Kecamatan Kotapinang (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Hariana, K., Rizal, R., Surahman, S., Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). Konstruktivisme Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Problematika Pendidikan Seni Anak. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 378133.

Hidayat, W. (2023). Penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD. GAUNG: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, 1(2), 119-130.

Inggriani, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Konstruksi Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(2), 42-51.

Jannah, R., Handayani, H. H., & Ulia, W. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Untuk Mengembangkan Seni Kerajinan Tangan Kelas IV di SDN 39 Ampenan. Al-Mujahidah, 5(2), 135-144.

Kurniawan, M. K. N., Fajrie, N., & Oktavianti, I. (2025). Eksplorasi Kreativitas Siswa Dalam Seni Ecoprint: Antusiasme dan Pemahaman Ecoprint Teknik Pounding di Kelas IV SD Negeri 2 Manyargading. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 200-217.

Laili, D. N., Fithriyah, M. A., & Hadiyani, V. P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBDP Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 157-168.

Mulyati, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning untuk Mengetahui Gambaran Kreativitas Seni Budaya Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(4), 766-772.

Nisa, S. K., & Kurnia, B. (2025). Penerapan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Seni Rupa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 593-603.

Nurmia, N., Nurdin, H., & Roslyn, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Siswa Kelas IVA UPT SPF SD Inpres Tamamaung IV Kota Makassar. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 67-93.

Pramudya, A. P. L., & Wijayanti, O. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Seni Rupa Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 639-652.

Qur’aini, Z. S., Danawati, M. G., & Soenaryo, S. F. (2025). Implementasi Model Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Materi Batik Ecoprint Siswa Kelas IV SDN Ngoro 3. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 674-688.

Rahmawati, R., Wakih, A. A., & Zahrah, R. F. (2025). Upaya meningkatkan kreativitas peseta didik dalam pembelajaran seni rupa terapan melalui penerapan teknik cap pelepah pisang kelas II SDN Karangtengah. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(4), 850-856.

Rizki, A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Rosita, R., Safitri, R. D., Suwarma, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(3), 238-247.

Sari, I. P., Hidayat, A. G., & Febrianty, P. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran “Uma Lengge” Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas V SDN Risa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 548-555.

Sarly, S. M., & Pebriana, P. H. (2020). Penerapan model Paikem Gembrot untuk meningkatkan kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(2), 156-160.

Simanjuntak, H., & Sitompul, E. A. (2021). Kreatifitas Guru Menggunakan Media Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 065854 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(2), 206-220.

Solichin, M. M. (2021). Paradigma konstruktivisme dalam belajar dan pembelajaran. IAIN Madura

Suryani, D. E. (2021). Kreativitas Menggambar Motif Kreasi Batik Pada Gerabah Melalui Pendekatan Konstruktivistik di Kelas VIII/D SMPN 1 Mangunjaya Pangandaran Jawa Barat Tahun Ajaran 2020/2021. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(3), 84-97.

Tamping, N. R., & Sulaiman, S. (2024). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V SDN 236 Beringin Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 89-100.

Umah, D. N., & Maharani, N. S. (2024). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik dalam Pembelajaran Seni Rupa di SDN Gadingkasri Kota Malang. FONDATIA, 8(1), 21-31.

Wutabisu, E. R., Lagandesa, Y. R. L., Pratama, R. A., & Hariana, K. (2023). Analisis Kreativitas Siswa Kelas V dalam Pemanfaatan Barang Bekas di SD Negeri 1 Mayakeli pada Mata Pelajaran SBdP. JURNAL DIKDAS, 11(1), 50-59.

Downloads

Published

25-12-2025

Data Availability Statement

Data penelitian ini tersedia dari penulis yang bersangkutan atas permintaan yang wajar.

How to Cite

Sesario Alamsyah, D., Zahra, Z. N., & Setyawan, A. (2025). Telaah Konseptual Strategi Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar  . Review of Education, Science, and Technology, 1(2), 83-92. https://jurnal.ihsancahayapustaka.id/index.php/reset/article/view/43