Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK
Keywords:
Problem Based Learning, Direct InstructionAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa, keaktifan siswa serta hasil belajar analisis pada elemen konstruksi bangunan gedung masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model problem based learning dan model direct instruction pada elemen konstruksi bangunan gedung di SMK Negeri 5 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Exsperimental Design bentuk Non-Equivalen Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI KGS-1 sebagai kelas kontrol dan XI KGS-3 sebagai kelas eksperimen SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian menyimpulkan bahwa hasil posttest kelas XI KGS-1 rata-rata 80,69 dan kelas XI KGS-3 rata-rata 85,00. Hasil uji sample independent t test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,038 dimana lebih kecil dari signifikansi 0,05. Maka menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model problem based learning dan siswa yang menggunakan model direct instruction, bahwa berpikir kritis siswa pada kelompok yang diberikan pembelajaran model problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan pembelajaran model direct instruction.
Downloads
References
Carolin, A. R., & Nurharini, A. (2024). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Seni Rupa Kelas IV Sekolah Dasar.
Dalimunthe, P. C. (2025). Penerapan Project Based Learning Pada Materi" Melihat dan Menggunakan Warna dalam Karya Seni” untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II SDN 100590 Air Kanan. Mandalika Journal of Community Services, 2(2), 172-178.
Gusmiarni, R., & Mutamimah, K. (2025). Mengembangkan Kompetensi Seni Budaya Siswa Kelas VI Melalui Pendekatan Project-Based Learning. Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1).
Halisah, F., Huriah, H., Mubarokah, H. T., Fajri, L. J., Prasetio, K., & Rahmadhoan, L. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Seni Rupa dan P5 di SDN 16 Mataram. Progres Pendidikan, 6(3), 283-288.
Harahap, F. (2021). Penggunaan media kolase dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN 117478 Simatahari Kecamatan Kotapinang (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Hariana, K., Rizal, R., Surahman, S., Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). Konstruktivisme Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Problematika Pendidikan Seni Anak. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 378133.
Hidayat, W. (2023). Penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD. GAUNG: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, 1(2), 119-130.
Inggriani, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Konstruksi Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(2), 42-51.
Jannah, R., Handayani, H. H., & Ulia, W. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Untuk Mengembangkan Seni Kerajinan Tangan Kelas IV di SDN 39 Ampenan. Al-Mujahidah, 5(2), 135-144.
Kurniawan, M. K. N., Fajrie, N., & Oktavianti, I. (2025). Eksplorasi Kreativitas Siswa Dalam Seni Ecoprint: Antusiasme dan Pemahaman Ecoprint Teknik Pounding di Kelas IV SD Negeri 2 Manyargading. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 200-217.
Laili, D. N., Fithriyah, M. A., & Hadiyani, V. P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SBDP Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 157-168.
Mulyati, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning untuk Mengetahui Gambaran Kreativitas Seni Budaya Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(4), 766-772.
Nisa, S. K., & Kurnia, B. (2025). Penerapan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Seni Rupa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 593-603.
Nurmia, N., Nurdin, H., & Roslyn, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Siswa Kelas IVA UPT SPF SD Inpres Tamamaung IV Kota Makassar. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 67-93.
Pramudya, A. P. L., & Wijayanti, O. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Seni Rupa Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 639-652.
Qur’aini, Z. S., Danawati, M. G., & Soenaryo, S. F. (2025). Implementasi Model Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Materi Batik Ecoprint Siswa Kelas IV SDN Ngoro 3. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 674-688.
Rahmawati, R., Wakih, A. A., & Zahrah, R. F. (2025). Upaya meningkatkan kreativitas peseta didik dalam pembelajaran seni rupa terapan melalui penerapan teknik cap pelepah pisang kelas II SDN Karangtengah. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(4), 850-856.
Rizki, A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Rosita, R., Safitri, R. D., Suwarma, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(3), 238-247.
Sari, I. P., Hidayat, A. G., & Febrianty, P. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran “Uma Lengge” Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas V SDN Risa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 548-555.
Sarly, S. M., & Pebriana, P. H. (2020). Penerapan model Paikem Gembrot untuk meningkatkan kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(2), 156-160.
Simanjuntak, H., & Sitompul, E. A. (2021). Kreatifitas Guru Menggunakan Media Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 065854 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(2), 206-220.
Solichin, M. M. (2021). Paradigma konstruktivisme dalam belajar dan pembelajaran. IAIN Madura
Suryani, D. E. (2021). Kreativitas Menggambar Motif Kreasi Batik Pada Gerabah Melalui Pendekatan Konstruktivistik di Kelas VIII/D SMPN 1 Mangunjaya Pangandaran Jawa Barat Tahun Ajaran 2020/2021. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(3), 84-97.
Tamping, N. R., & Sulaiman, S. (2024). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V SDN 236 Beringin Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 89-100.
Umah, D. N., & Maharani, N. S. (2024). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik dalam Pembelajaran Seni Rupa di SDN Gadingkasri Kota Malang. FONDATIA, 8(1), 21-31.
Wutabisu, E. R., Lagandesa, Y. R. L., Pratama, R. A., & Hariana, K. (2023). Analisis Kreativitas Siswa Kelas V dalam Pemanfaatan Barang Bekas di SD Negeri 1 Mayakeli pada Mata Pelajaran SBdP. JURNAL DIKDAS, 11(1), 50-59.
Downloads
Published
Data Availability Statement
Data yang mendukung temuan penelitian ini tersedia dan dapat diperoleh dari penulis korespondensi jika diminta dengan alasan yang wajar.
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Nur Kharisma, Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.