Relevansi Ar-Risālah al-Waʿdīyah Karya Imām Al-Ghazālī terhadap Pengembangan Keilmuan Pendidikan Agama Islam Kontemporer
Keywords:
al-Ghazali; Ar-Risālah al-Waʿdīyah; Contemporary, Islamic EducationAbstract
Perkembangan globalisasi dan digitalisasi telah memunculkan berbagai problematika dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti krisis moral, degradasi spiritual, pendangkalan religiusitas, serta keterputusan antara ilmu dan amal pada peserta didik. Fenomena ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI masih cenderung berorientasi kognitif dan belum mampu menyentuh dimensi afektif serta transformasi perilaku. Artikel ini bertujuan menganalisis relevansi dan kontribusi pemikiran Imām al-Ghazālī dalam Ar-Risālah al-Waʿdīyah terhadap pengembangan keilmuan dan praktik PAI kontemporer. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, melalui analisis teks risalah dan literatur ilmiah mutakhir terkait pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa Ar-Risālah al-Waʿdīyah mengandung prinsip fundamental pendidikan Islam, seperti tazkiyat al-nafs, integrasi ilmu dan amal, kesadaran eskatologis, pembinaan akhlak, serta keteladanan pendidik. Prinsip-prinsip tersebut memiliki kontribusi signifikan dalam penguatan kurikulum PAI, pengembangan pedagogi reflektif dan spiritual, serta perluasan riset interdisipliner. Dengan demikian, pemikiran al-Ghazālī tetap relevan sebagai landasan konseptual untuk membangun PAI yang holistik, transformatif, dan kontekstual.
Downloads
References
Abd Rahman, M. R. Bin, & Yucel, S. (2016). The Mujaddid of His Age: Al-Ghazali And His Inner Spiritual Journey. UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies (EISSN: 2289-8204), 3(2). https://doi.org/10.11113/umran2016.3n2.56
Akbar, M. F., Sumanta, Rozak, A. K., & Ulfadhilah, K. (2025). Analysis Study of The Book Al-Kashfu Wa-Tabyin in Sufism Learning to Develop Religiosity From The Perspective Of Imam Al-Ghazali. IJMR, 1(5), 217–233.
Alwan, M. (2022). Resilience, Accommodation and Social Capital Salafi Islamic Education in Lombok. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1383–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3006
Anwar, D. (2018). Konsep Pendidikan Jiwa Dalam Perspektif Al Qurán. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
Arifin, Z., Ramadhan, M. ., & Ajmain, M. (2025). Ilmu Akhlak Tasawuf Dalam Membangun Karakter. Jurnal Intelek Insan Cendekia, 2(4), 7219–7224.
Artika, L., Rabbani, M. Y., Nafis, M. R. R., Siregar, N., & Gusnanda, I. (2023). Biografi Tokoh Tasawuf Al-Ghazali. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 29–55. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.108
Basil, S. (1990). Al-Ghazali Mencari Makrifah. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hadillah, A., Safitri, S., & Farida, H. (2025). Revitalisasi Konsep Tazkiyah Al-Nafs Dalam Pendidikan Akhlak Berbasis Spiritualitas Al-Ghazali Untuk Generasi Digital melalui ICBT. Al-Ibanah, 10(2), 134–148. https://doi.org/10.54801/ibanah.v10i2.366
Hamdi, Arfizi, M. ., & Murzal. (2024). Konsep Tazkiyah Dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Journal of Education, Teaching, and Learning, 1(3), 130–139.
Kurniawati, I., Silvya, W., & Sari, H. P. (2023). Pemikiran Al Ghazali tentang filsafat pendidikan Islam dan pembentukan karakter: Relevansinya untuk masyarakat. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 18(2), 115–128.
Lubabul, M. R., Mustofa, M. L., & Habib, Z. (2025). Konsep dan Implementasi Cinta: Studi Komparasi Pemikiran Imam Ghazali dan Erich Fromm. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 6(2). https://doi.org/10.22515/ajipp.v6i2.12653
Muvid, M. B. (2020). Tasawuf Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Putra, K. . (2024). Konsep Pendidikan Spiritual Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah (JIGM), 3(2), 104–117.
Ramadani, P., Hayati, N. H., Arief, M., & Hadi, M. S. (2025). Bermegah-Megahan: Ancaman Hedonisme Dalam Al-Qur’an Surat At-Takatsur Dan Implikasinya Pada Kehidupan Modern. JHESS: Journal Hub for Humanities and Social Science, 2(1), 14–29.
Rofi’i, M. ., Lestari, F., Rafsanjani, M., & Alfiani, N. (2025). Konsep Kedermawanan dan Etika Sosial dalam Pemikiran Ibn Miskawayh: Kajian Aksiologi ZISWAF dalam Tahdzib al-Akhlaq. Ziswaf Asfa Journal, 3(1), 65–86. https://doi.org/https://doi.org/10.69948/ziswaf.33
Rozak, A. K., Sumanta, Akbar, M. F., & Ulfadhilah, K. (2025). Analisis Konsep Pendidikan Akhlak Pada Kitab Al-Adab Fi Al-DinKarya Imam Al Ghozali. Edulogia, 1(1), 41–50.
Salsabilla, R. ., Farzanah, A. ., Saputra, W., Yunisa, R., & Satra, A. (2025). Nilai Pendidikan Tentang Fenomena Tobat Yang Terulang: Analisis Ceramah Ustadz Adi Hidayat dan Buya Yahya. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 200–222. https://doi.org/https://doi.org/10.61082/alfatih.v8i1.478
Suarningsih, N. M. (2024). Mengatasi Degradasi Moral Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. JOCER, 2(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.60153/jocer.v2i1.47
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung : Alfabeta.
Widianengsih, R. (2022). Hadits tentang Dzikir Perspektif Tasawuf. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin2, 2(1), 166–179. https://doi.org/http://doi.org/10.15575/jpiu.13583
Zain, N. H., Iswantir, Wati, S., & Zakir, S. (2025). Reformasi dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam Masa Depan. Imvemtiom: Journal Research and Education Studies, 6(2), 494–514. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/invention.v6i2.2655
Zamhariroh, N. M., Azis, A. R., Nata, B. R., Fahmi, M., & Salik, M. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Tentang Keseimbangan Intelektual Dan Spiritual. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(2), 169–181. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/kariman.v12i2.569
Downloads
Published
Data Availability Statement
All data generated or analyzed during this study are included in this published article. Additional datasets are available from the corresponding author upon reasonable request.
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Ramli Hidayat, Sumanta Sumanta, Meiza Fajar Akbar, Anam Khoirul Rozak (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.