Digital Transformation in Education: A Literature Review on Psychological Aspects of Learning and Pedagogical Innovations
Keywords:
Digital Transformation, Learning Psychology, Pedagogical Innovation, Digital EraAbstract
Kemajuan teknologi digital yang pesat telah mengubah pendidikan serta menggeser paradigma dari metode tradisional ke pendekatan adaptif berbasis teknologi. Kajian pustaka ini mengeksplorasi bagaimana era digital membentuk pendidikan, dengan fokus pada psikologi pembelajaran, yang mencakup aspek seperti motivasi, perhatian, retensi, kelelahan digital, dan keseimbangan antara teknologi serta interaksi manusia. Tujuannya adalah memberikan gambaran komprehensif tentang dampak transformasi digital, termasuk inovasi pedagogis seperti personalisasi AI, simulasi AR/VR, dan gamifikasi, sembari mengatasi tantangan seperti kesenjangan digital dan kecemasan teknologi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dari jurnal akademik dan artikel melalui basis data seperti Google Scholar dan DOAJ. Temuan utama menunjukkan bahwa alat digital meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan, tetapi memerlukan infrastruktur yang merata dan pelatihan guru untuk mengurangi ketidaksetaraan. Artikel ini menekankan pendekatan berpusat manusia untuk memastikan kesejahteraan psikologis dan kemajuan pendidikan berkelanjutan. Kajian ini menyarankan untuk melakukan strategi yang memanfaatkan potensi teknologi untuk mendorong pembelajaran inklusif, serta mendorong refleksi atas integrasi digital yang bijak bagi generasi mendatang.
Downloads
References
Aini, F., & Husna, N. (2025). PENGGUNAAN ELEMEN GAMIFAKASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 05(01), 63–76.
Ali Yusuf, M., & Novebri. (2024). Pelajar Masa Depan Kini: Antara Gadget Dan Belajar. JIPE: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 51–60. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jipedu/article/download/2046/1381/
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990.
Arianto, B. (2021). Pandemi Covid-19 dan Transformasi Budaya Digital di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(2), 233–250. https://doi.org/10.22437/titian.v5i2.15309
Arnadi, Aslan, & Vandika, A. Y. (2024). PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN UNTUK PERSONALISASI PENGALAMAN BELAJAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(5), 369–380.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2024). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://jptam.org/index.php/jptam/index
Dyana, K. I., Suprapmanto, J., & Pradesa, K. (2024). Dampak Sumber Belajar Digital pada Minat dan Motivasi Belajar Siswa di Era 5.0. Jurnal BELAINDIKA: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(2), 129–136. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.184
Fitri, S. D., Selfiyana, S., Khalimatus’sadiyah, Rakhmatika, I., Musyarofah, Afifah, N., Handiawan, M. D., & Prayogi, A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik Di MA Pembangunan Jakarta. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(6), 1931–1940. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/view/382%0Ahttps://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/download/382/290
Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2024). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik) (Issue 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf
Huda, M., Hakim, F., Zamakhsari, A., & Nabil. (2025). MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Al Marhalah, 9(1), 37–49.
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200
Kurniati, E. (2025). Literasi Digital Dalam Pembelajaran. UNJA Publisher.
Kusmardiningsih, W. T. (2024). Transformasi Digital Dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. MANAGIERE: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.35719/managiere.v3i1.1950
Kusumastutik, N., Putra, W. A., & Kurniawan, N. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK DARMA WANITA 1 JEMBER. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 188–198.
Martha, Y., Sa’diyah, D., Maulana, H., & Warto, W. (2023). Konsep Dasar Sejarah: Implementasinya Dalam Pembelajaran. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 164–176. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.285
Marzuki, I., & Soraya, F. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(2), 167–179. https://doi.org/10.31000/jkip.v6i2.12925
Milla, D., Zulkipli, Sahar, A., Reliubun, A. S., & Amri, H. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN: MENGHADAPI KENDALA, MENCIPTAKAN SOLUSI. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 7416–7425. https://doi.org/http://doi.org/10.54373/imeij.v5i6.2109
Muna, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 15–23. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i1.55564
Munawaroh, M. (2021). DIGITAL FATIGUE BAGI KESEHATAN FISIK DAN MENTAL (Studi Fenomenologi pada Guru di Kabupaten Lamongan). DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 8(2), 79–95. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i2.2827
Nasiha, S. S. M., & Nurhayati. (2024). STUDI LITERATUR : ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 2(12), 1–10. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/index
Natsir, N., Baidun, A., Minsarnawati, Amiruddin, & Aliah, N. (2023). Belajar di Era Digital (A. Fuadi (ed.)). Mutiara Intelektual Indonesia.
Nurjannah, S., & Arifi, A. (2025). Konstruktivisme dalam Revolusi Pendidikan Dasar Era Digital: Refleksi Filosofis Pemikiran Pendidikan Islam dan Implikasi Praktis. Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 8(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.35961/perada.v8i1.1725 Konstruktivisme
Prasetya, D., Marina, R., Prayogi, A., & Huda, M. Broadcast Media and Political Campaign Regulation: Implementation Study in East Kalimantan.
Prayogi, A. (2021). ANALISA PENGGUNAAN VIDEO GAME SEBAGAI MEDIA DAKWAH. HIKMAH, 15(2), 157–180. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/hik.v15i2.4127
Prayogi, A. (2024). Application of Video Games as Part of Learning Islamic History. EDUTREND: Journal of Emerging Issues and Trends in Education, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.59110/edutrend.300
Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Global melalui Video Game: Potensi dan Tantangan dalam Konteks Pendidikan Indonesia. GURUPEDIA: Journal of Teacher and Education, 1(2), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.16324681
Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2024). Artificial Intelligence dan Filsafat Ilmu: Bagaimana Filsafat Memandang Kecerdasan Buatan Sebagai Ilmu Pengetahuan. LogicLink, 144-155.
Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2025). History learning as a reinforcement of sustainable development awareness: A literature review. Arshaka: Social Sciences and Education, 1(1), 12-20.
Prayogi, A., Nasrullah, R., Syaifuddin, M., & A'yun, Q. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Global melalui Video Game: Potensi dan Tantangan dalam Konteks Pendidikan Indonesia. GURUPEDIA: Journal of Teacher and Education, 1(2), 43-52.
Prayogi, A., Nasrullah, R., Wahyudi, N. A., Setyawan, M. A., Riyadi, R., & Syaifuddin, M. (2025). Pentingnya Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh bagi Siswa Sekolah: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Quantum Edukatif: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 02(01), 1–10.
Prayogi, A., Wasito, A. T., Alghiffary, M., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2022). Creative Industries And A Social Resistance: A Conceptual Study of Video Games as a Medium of Social Resistance. Noctis, 01(01), 1–10. https://journal.uns.ac.id/noctis/index
Pujiono, I. P., Kamal, M. R., Prayogi, A., Sari, C. A., & Ikhsanuddin, R. M. (2025). ALGORITMA COUNTING SORT VS ALGORITMA PENGURUTAN MODERN: ANALISIS EFISIENSI MEMORI DAN WAKTU KOMPUTASI. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 13(3).
Rahayu, E. P., Khilda, I. N., Amanah, K., Adji, M. A., Aisah, N., Haanie, N. R. A., ... & Prayogi, A. (2025). Penguatan Kapasitas Komunikasi Publik Ibu-Ibu PKK Desa Kemplong Pekalongan Melalui Pelatihan Public Speaking. JANU: Jurnal Abdimas Nusantara, 2(02), 57-66.
Romadoni, A. F., Huda, A. A., Rachmawati, A. D., Buwono, B. T., Susilowati, E., Safitri, H., ... & Prayogi, A. (2025). Penguatan Disiplin dan Semangat Belajar Siswa Melalui Kegiatan Apel Pagi. Journal of Science and Education Research, 4(2), 1-6.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. Jurnal Mappesona, 2(1).
Shilla, R. A., Riandita, L., Syafi'i, A., Farhana, Z., Faradhillah, N., Sari, N. H. M., & Prayogi, A. (2025). Numereadsci: Boosting Numeracy and Science Literacy through English Resources at Pondok Pesantren in Pekalongan. International Journal of Research and Community Empowerment, 3(1), 16-28.
Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., Prayogi, A., & Laksana, S. D. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence ( AI ) Dalam Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 232–243. https://doi.org/10.5281/zenodo.14874510
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strartegi Pembelajaran). Aswaja Presisndo. www.aswajapressindo.co.id
Tasya’ah, Fadlilah, R. D., Khanifah, M. D., & Zulfahmi, M. N. (2025). Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality dalam Pembelajaran Topik Klasifikasi Hewan Berdasarkan Makanan. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(1), 161–170. https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i1.1331
Wahyudi, N. A., Risky, M. J., Pratama, M. A., Irzaqi, M. I., Reza, M. F., Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2025). Adaptasi Pesantren dalam Pelestarian Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Adaptasi Pesantren dalam Pelestarian Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Era Modern. TEKNOBIS : Teknologi, Bisnis Dan Pendidikan, 3(1), 59–64.
Yanto, M., Sa’l, M., & Rizqiyah, N. (2025). Personalisasi Pendidikan Berbasis AI dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, Special Ed, 505–522. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19116
Yenti, F. L., & Nurzen, S. . (2025). Membangun Lingkungan Sekolah Kolaboratif Melalui Kepemimpinan Bersama (Shared leadership). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 12–21.
Downloads
Published
Data Availability Statement
-
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arditya Prayogi, Riki Nasrullah, Novianto Ade Wahyudi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.